Selasa, 26 Juli 2016

17 NASEHAT MENIKMATI HIDANGAN AL-QUR'AN

Dr. Abdullah Muhammad Al-Muhaisini

📝وصايا رائعة....
د. عبدالله محمد المحيسني.

بعنوان:
سبع عشرة وصية لتتلذذ بقراءة القرآن

هذه وصايا أثناء قراءة القرآن أود البوح بها لك يا محب ..

١- لاتعطي القرآن فضلة وقتك بل خصص له وقتا محددا لاينازعك عليه أحد.
1. Jangan berikan Al-Quran sisa waktu Anda.Disiplinkan diri Anda untuk membaca Al-Quran pada waktu yg telah Anda tentukan, dimana orang lain tidak bisa mengganggu Anda.
٢- قبل القراءة جدد وضوءك ، واستقبل القبلة، وابدأ بالاستعاذة ثم البسملة، واستحضر فضل قراءة القرآن ..
2. Sebelum membaca, perbarui wudhu Anda, menghadaplah ke kiblat, mulailah dengan membaca ta'awwuz kemudian basmalah dan renungkan keutamaan membaca Al-Quran

٣- ليكن صوتك وسطاً لامرتفعاً فتتعب وتزعج ولامنخفضاً فتمل وتنعس، ولتكن سرعتك وسطاً لاسريعة فتهذ ولابطيئةً فتسأم.
3. Bacalah dengan suara yang sedang;tidak terlalu besar yg membuat orang lain terganggu, dan tidak terlalu kecil yang membuat Anda jenuh dan ngantuk.

٤- للقرآن هيبة ووقار ، ومن عظم القرآن في قلبه عظم الله مكانته بين الناس، فلا تقطع قراءتك بالكلام مع فلان وفلان.
4. Al-Quran mempunyai tempat yang teramat sakral dalam diri seorang muslim, siapa yang mengagungkan Al-Quran dalam jiwanya maka Allah akan memuliakannya dihadapan manusia. Oleh sebab itu jangan putuskan bacaan Anda hanya karena melayani obrolan orang lain.

٥- كان السلف إذا شرع أحدهم في قراءة سورةٍ لا يقطعها حتى يتم السورة، وهذا من الأدب مع كلام الله، والبعض يقطع الآيات !
5. Salah satu adab generasi salaf dalam membaca Al-Quran bahwa mereka tidak akan berhenti hingga sampai pada akhir surah yang mereka baca.Sementara kebanyakan kita memotong-motong ayat.

٦- إذا بدأت قراءتك فلا تلتفت لأحد وإذا أراد أحدهم الحديث معك فأشر بيدك له معتذراً، وهذا من تعظيمك لكتاب الله ..
6. Jika sedang membaca Al-Quran jangan lagi melayani orang lain, jika ada orang yang ingin mengajak Anda ngobrol berikan isyarat permohonan maaf, sebagai bentuk penghormatan Anda terhadap Al-Quran.

٧- إن كنت ولابد قاطعاً تلاوتك لحديثك لأحدهم، فلا تجبه فور حديثه بل لينتظرك حتى تقف على رأس الآية في موقف مناسب .
7. Jika Anda memang harus melayani pembicaraan seseorang, jangan langsung berhenti, tetapi berhentilah dipermulaan ayat
٨- يجب عليك تحريك لسانك أثناء القراءة، أما قراءة العين فهي لاتجزئ ولاتعتبر قارئا..ً هكذا أفتى العلامة ابن باز رحمه الله.
8. Bacalah dengan menggerakkan lisan bukan hanya memandang huruf-huruf Al-Quran, karena bacaan seperti ini, menurut-Syekh bin Baz, tidak dikatagorikan membaca dan bahkan tidak mendapatkan pahala.

٩- من عدم احترامك لكلام ربك أن تقرأ آيات يسيرة ثم تتابع تويتر وتليجرام و..و..و ثم تعود ، ثم تتصفح وهكذا !
9. Salah satu bentuk mengurangi etika Anda terhadap Al-Quran adalah pada saat membaca Al-Quran Anda juga sibuk twiteran, fb kan, instagram, dll..

١٠- أنصحك أن تذهب لمسجد بعيد لا معارف لك به وأن تذهب الأخت لغرفة منعزلة، لتخلو بكتاب ربك فتذوق حلاوته وتتدبر آياته.
10. Saya nasehati agar Anda membaca Al-Quran di mesjid yang agak jauh dari tempat tinggal Anda sehingga Anda tidak terganggu. Sedangkan perempuan membaca di dalam kamar yg tidak bisa diganggu oleh orang lain. Dengan berkhalwat dengan kitabullah Anda akan lebih menikmati keindahannya dan mentadabburi ayat-ayatnya.

١١-مهمة:
شر جليس لك في قراءتك هاتفك !
فأنصحك أن تتركه في المنزل أو السيارة وتذهب للقراءة وحدك حتى لايدخل منه الشيطان.
11. Waspadalah:Seburuk-buruk teman Anda saat membaca Al-Quran adalah hand phone  Anda! Saya sarankan Anda untuk tidak membawanya saat akan membaca Al-Quran , sebaiknya tinggalkan  di rumah atau di kendaraan Anda agar tidak menjadi pintu masuknya syetan.

١٢- أثناء قراءتك ستمر عليك آيات رحمة ووعيد قف عند بعضها وارفع يديك واسأل الله من فضله فلها أثر على القلب كبير.
12. Ketika membaca Al-Quran Anda akan menemui ayat-ayat rahmat dan ayat-ayat tentang azab, berhentilah sejenak mohonlah kepada Allah keutamaan-Nya, cara ini mempunyai efek spiritual yang dahsyat.

١٣- إن كنت بطيئ القراءة أو لا تحسنها فاعلم أن أجرك مضاعف فلك الأجر مرتين .. وأوصيك بتحميل القرآن صوتياً بهاتفك وتابعه.
13. Jika Anda masih terbata-bata membaca Al-Quran atau bacaan Anda masih dibawah standar, yakinlah bahwa Anda mendapatkan dua ganjaran. Saya sarankan Anda untuk menginstal program Al-Quran dalam HP Anda, dan sambil mendengarkannya Anda mengikuti bacaan tersebut.

١٤- ختم قراءتك على أواخر السور أكمل وأفضل من ختمها على أواخر الأجزاء..
كان ابن عمر إذا شرع في سورة لايقف حتى يختمها.
14. Mengakhiri bacaan Al-Quran di akhir setiap surah lebih baik dan lebih sempurna daripada di akhir setiap juz. Adalah Ibnu Umar ketika memulai membaca dari awal surah tertentu, beliau tidak berhenti hingga akhir surah tersebut.
١٥-لايشغلنك قطع الأجزاء عن التدبر، ومما يساعدك عليه تكرار الآية مرتين وثلاث وعشر حتى يلين لها قلبك، تقبل الله منا ومنك.
15. Jangan sampai mengejar target bacaan Al-Quran membuat Anda lengah mentadabburi ayat-ayatnya. Salah satu cara membantu Anda untuk tadabbur adalah mengulang-ulangi bacaan ayat yang sedang Anda tadabburi, dua kali hingga sepuluh kali hingga membuat spiritual Anda lebih tajam. Taqabbalallahu minna waminka
16-من المهم جدا أن تحدد لك جزءا يوميا تقرؤه في رمضان لا تتخلف عنه مهما كانت الظروف، مثلا: تقرأ يوميا خمسة أجزاء.
وإذا قرأت يوميا 5أجزاء فيعني أنك ستختم في  رمضان خمس مرات.
أو تقرأ يوميا 7أجزاء ويعني أنك ستختم سبع مرات، أو تقرأ يوميا عشرة أجزاء ويعني أنك ستختم في ثلاث وهذا أقصى شيء لأن كثير من السلف كره أن يختم القرآن في أقل من ثلاث وذلك للإبقاء على تدبر القرآن وتأمل آياته..
المهم أن تلتزم بجزء معين ومحدد يوميا لا يمكن أن تتخلى عنه مهما كانت الظروف ولو قدر الله أنك ما أكملت جزءا اليوم.. فغدا تعوض ما فاتك في اليوم الماضي وتبدأ جزء ذلك اليوم.
16. Hendaknya Anda membuat target berapa juz yang akan Anda baca dalam sehari, dan Anda harus disiplin dengan target tersebut. Misalnya Anda menargetkan lima juz setiap hari, berarti selama ramadhan Anda khatam sebanyak lima kali; kalau 7 juz setiap hari berarti 7 kali tamat; jika 10 juz berarti tamat setiap tiga hari dan ini adalah jumlah maksimal, karena kebanyakan  kaum salaf tidak suka menamatkan Al-Quran kurang dari tiga hari, karena mereka menginginkan agar seseorang membaca dengan tadabbur dan perenungan.Jika target Anda hari ini tidak tercapai maka gantilah keesokan harinya.

17-من المهم جدا أن تقرأ القرآن وحدك بحيث لا يكون أحد من أصحابك أو أصدقائك أو إخوانك أو معارفك قريبا منك، فإن قربهم سيسهل أن يقطع عليك هو القراءة أو أن تقطع عليه أنت قراءته .
17. Sebaiknya Anda membaca Al-Quran sendirian jauh dari orang lain baik teman maupun sahabat atau siapa saja orang-orang yg dekat dg Anda. Ketika Anda membaca disisi mereka maka akan dengan mudah mereka memotong bacaan Anda, atau Anda memotong bacaan mereka.

ماسبق سبع عشرة وصية ، كتبتها لك، عسى الله أن ينفعني وإياك بكتابه، وصلى الله على نبينا محمد وعلى آله وصحبه وسلم..
Itulah 17 washiat membaca Al-Quran yang saya peruntukkan untuk Anda. Mudah-mudahan Allah memberikan manfaat untuk saya dan pembaca.
صورة تجمع الوصايا في منشور ساهموا بها

Kalau ada kesalahan terjemahan, mohon koreksi.

Copas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar