Selasa, 29 Mei 2018

*Innalilahi wa inna ilaihi roji'un.....*

*Innalilahi wa inna ilaihi roji'un.....*

_"Besok kita jd bukber ya, di tmpt yg kemarin udah aku reserved"._  Begitu bunyi aplikasi WA & Line yg kutulis setelah memastikan teman segrup mengiyakan

_Kubuka aplikasi kalender:_
Besok bukber di kantor, lusa bukber bersama anak yatim di sebuah hotel, weekend bukber dgn teman2 golf dst. Melewati pertengahan ramadhan, ajakan bukber msh sj padat. Seblm pd mudik, atawa plg kampung katanya.
---
_Namun malang, ternyata aku yg lebih dulu dipanggil 'pulang'_

_Bukber hari itu ditiadakan. Teman2ku berombongan dtg ke rumahku. Teman dktku menangis, yg lain matanya sembab tanda turut berbelasungkawa._

Lalu apa…?

_Semua grup line & WA yg aku ikuti penuh berisikan ribuan ucapan belangsukawa._ "Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun", smg husnul khotimah. Atau slmt jln sahabat, _begitu indah bunyinya._

_Foto2 berisikan wajahku baik sendiri maupun bersama teman2 dgn caption kenangan terbaik ramai memenuhi instagram. Oh… blm lg ratusan notifikasi ucapan kaget & tdk percaya aku tlh tiada yg membludak di kolom komentar instagramku Begitu jg papan bunga ucapan belasungkawa dgn namaku yg ditaruh berjejer di sepanjang jln hingga depan pintu gerbang rumahku._

_Lihat, begitu bnyk org yg mencintaiku. Tdk sia2 aku sering menghabiskan wktu bonding bersama mereka bukan?_
---
_I wish I could say that._

Namun kehidupan akhirat nyatanya tdk seindah itu. Aku bahkan tak tahu menahu ada ucapan belasungkawa yg dikirim via Instagram, Whats Up, Facebook dll.

_Aku di gelapnya alam kubur menunggu cahaya do'a dr rekan2ku yg selama ini kuhabiskan waktuku bersama mereka. Ratusan teman & rekan kerjaku, hanya mendoakan lwt WA & Instagram. Ternyata do'a mereka di media sosial itu tdk cukup kuat untk menembus hingga ke bwh tanah, di mana aku dikubur saat ini._

_Bisa dihitung dgn jari, hanya bbrp titik cahaya sj yg dtg lsg dr doa teman2ku yg dipanjatkan tulus dr *atas sajadah*. Bukan do'a basa basi yg di copy paste di atas keypad_

_Kemana kalian sahabat? Bukankah kita sdh terlampau sering melakukan bonding bersama? Bercanda & tertawa, nonton bareng, mkn bareng, jln bareng, kegiatan ini kegiatan itu, bahkan ada yg sdh menyebutku sebagai keluarga, ingat?_

_Ataukah memang selalu bgtu & hanya akan tetap sebatas ini sejak dulu. Yg hidup di dunia akan tetap berkutat dgn dunianya. Dan sdkit demi sdkit melupakanku, kenangan tentangku akan lenyap dihanyutkan kesibukan dunia. Sebulan, setahun, lalu sirna._

_Dan kini tinggallah aku seorg diri di alam baka, hrs mempertanggungjwbkan segala perbuatan & amal ibadahku selama hidup di dunia. Sendirian_

_Kalaulah dahulu kepdku diperlihatkan sdkit sj kehidupan nyata di akhirat? Pastilah aku akan memilih chating & bonding dgn Allah Sang Pencipta dibandingkan dgn makhluk-Nya. Aku akan mengganti belasan bukber yg sering bnyk ghibah itu dgn dzikir mengingat Allah, atau berkumpul dgn keluarga._

_Akan kuganti tidur sehabis subuh itu dgn shalat dhuha & dzikir pagi. Akan kuganti acr nonton film dgn acr baca & menghafal Al-Quran. Dan tentu tak akan ku-sia2kan bulan Ramadhan dgn amalan sekedarnya._

_Sebnrnya tanpa hrs diperlihatkan kehidupan di akhirat itu akupun sdh tahu namun aku sering ber-pura2 lupa & acuh mengabaikannya.Hingga wktuku habis sia2 &  akhirnya dtglah hari penyesalan ini. Apalah artinya bnyk teman tertawa bersama makhluk, jk menjdikan kita lupa untk menangis kepd-Nya?_

_“Andai kalian tahu apa yg aku tahu, niscaya kalian akan sedikit tertawa & bnyk menangis”._
(HR.Bukhari&Muslim)

_EPILOG:_
Kudengar bukber di hari 'kepulanganku' itu diundur menjd minggu depannya. Tak ada yg berbeda, hanya berkurang satu kursi dr meja. Ternyata tanpa aku pun mereka tetap bs ramai & bnyk tertawa.

_#selfreminder_
_#ceritapendek_

# Copas...Sebagai bahan renungan...
Semoga manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar