Kamis, 15 November 2018

Bedanya Mu'min yang membaca Al-Qur'an Dengan Yang Tidak Membacanya 🥀

🥀 Bedanya Mu'min yang membaca Al-Qur'an Dengan Yang Tidak Membacanya 🥀

🌸 Sahabat, malaikat Jibril menjadi malaikat yang paling mulia karena Al-Qur'an, bulan Ramadhan menjadi bulan yang paling mulia karena Al-Qur'an, dan nabi Muhammad ﷺ menjadi nabi yang paling mulia karena Al-Qur'an.

🌸 Jika seorang mu'min ingin mulia maka dia harus dekat dengan Al-Qur'an. Banyak sekali keutamaan-keutamaan yang diberikan Allah Ta'ala kepada seorang mu'min yang dekat dengan Al-Qur'an. Salah satunya adalah yang dikabarkan oleh Nabi ﷺ dalam hadits berikut,

مَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ، مَثَلُ الْأُتْرُجَّةِ: رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا طَيِّبٌ. وَمَثَلُ الْمُؤْمِنِ الَّذِي لاَ يَقْرَأُ الْقُرْآنَ، مَثَلُ التَّمْرَةِ: لَا رِيحَ لَهَا وَطَعْمُهَا حُلْوٌ. وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِي يَقْرَأُ الْقُـرْآنَ، مَثَلُ الرَّيْحَانَـةِ: رِيحُهَا طَيِّبٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ. وَمَثَلُ الْمُنَافِقِ الَّذِي لَا يَقْـرَأُ الْقُرْآنَ، كَمَثَلِ الْحَنْظَلَةِ: لَيْسَ لَهَا رِيحٌ وَطَعْمُهَا مُرٌّ .

🍑 Perumpamaan orang mu’min yang membaca al-Qur’an bagaikan buah Utrujah, rasa buahnya enak dan baunya wangi.

🍑 Dan perumpamaan orang mu’min yang tidak membaca al-Qur’an bagaikan buah Kurma, rasanya enak namun tidak berbau.

🍑 Sedangkan perumpamaan orang munafik yang membaca al-Qur’an, bagaikan buah Raihanah, baunya enak namun rasanya pahit.

🍑 Dan perumpaman orang munafik yang tidak membaca al-Qur’an, bagaikan buah Hanzalah, rasanya pahit tetapi tidak berbau.
📚(HR. Bukhori & Muslim)

🌸 Begitu indah bunyi hadits di atas. Di dalamnya menjelaskan kepada kita tentang perumpamaan manusia dalam Islam. Sadar atau tidak sadar, sebagai seorang muslim dalam Islam ini, ternyata diri kita masing-masing memiliki ‘rasa dan bau’ tersendiri di hadapan al-Qur’an. Dalam arti, pada setiap kehidupan ini, di manapun kita dan kapanpun serta bersama siapapun kita, masing-masing memiliki pancaran sosial yang berbeda-beda.

🌸 Bila dilihat dari bunyi hadits shahih di atas, setidaknya akhlak dan perilaku setiap muslim bisa dianalogikan dari interaksinya bersama al-Qur’an.

🌸 Sahabat, mari kita merenung dan intropeksi bersama, manakah di antara keempat sifat manusia di atas yang melekat pada diri kita??

🌸 Semoga kita bisa memperbaiki diri dalam bermuamalah dengan al-Qur’an ini, sehingga Allah memberikan kita ‘aroma dan rasa’ yang menyedapkan bagi lingkungan sosial dan kehidupan kita, dari dunia sampai akhirat nanti.

♻ Silahkan disebarluaskan tanpa menghilang informasi Mutiara Islam
🌼 Mutiara Islam 🌼
🔸Telegram : https://telegram.me/mutiaraislam16
🔸Instagram : @mutiaraislam16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar