Sabtu, 21 Desember 2019

_NIKMAT WAKTU LUANG_*

Oase Shubuh

*_NIKMAT WAKTU LUANG_*
 
Semua orang tahu bahwa waktu adalah kehidupan, nilai waktu bahkan lebih besar dibandingkan uang, tetapi begitu banyak orang yang membuang-2 waktunya tanpa merasa sayang dan salah.
Padahal jika menengok apa yang dilakukan para ulama zaman dulu, kita akan malu, betapa mereka menjaga setiap detiknya agar memperoleh berkah.

Diriwayatkan bahwa Khatib Al Baghdadi salah seorang ulama hadist yang sangat terkenal, jika ia berjalan pastilah di tangannya ada sebuah buku yang dibaca, karena tak ingin waktu terbuang hanya untuk berjalan kaki saja.
Abu Farj Al Isfirayini suatu saat keluar dari rumahnya untuk suatu keperluan, kemudian tidak berapa lama datang lagi sambil berkata : ”Saya telah membaca satu juz Al Quran selama saya di jalan”

Muammil bin Hasan pada suatu hari melihat pena Sulaim Ar Razi rusak dan tumpul, ketika ia memperbaiki penanya, terlihat ia menggerak-2kan mulutnya, ternyata membaca Al Qur’an di sela-2 memperbaiki penanya, dengan tujuan agar waktunya tidak terbuang begitu saja dengan sia-2...
Abu Al Wafa’ Ibnu Uqail, salah satu tokoh dalam Madzhab Hambali mampu menyingkat waktu makan dengan memilih makanan yang praktis, beliau bisa memanfaatkan perbedaan waktu untuk memakan roti kering dengan roti yang diberi air, untuk membaca 50 ayat Al Qur’an.

Begitulah cara ulama menjaga keberkahan waktunya, mereka berusaha mengefektifkan waktu agar tak terbuang percuma untuk mengerjakan satu pekerjaan saja.

Tentu, kita berharap bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar beroleh keberkahan. Tidak hanya melakukan pekerjaan-2 dunia tapi juga menggunakan waktu yang ada untuk tabungan kebaikan di akhirat kelak.....

*_Ada dua nikmat yang banyak manusia tertipu di dalamnya :_*
*_Kesehatan dan waktu luang._*
(HR. Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar