Kamis, 08 September 2016

ODOJ materi 9 sept, Dakwah

[9/9 06:11] Odoj Mb Santi: *Materi Tayang AIHQ*
*DK PSDM ODOJ*

🏡Oase Dakwah
Penyejuk Hati Penggugah Jiwa
Kamis, 08 September 2016

Kesulitan yang Akan Membangkitkan
Oleh: Rochma Yulika

Banyak pelajaran kala kesulitan menerpa.
Bila kesulitan demi kesulitan hadir silih berganti, Allah beri kesempatan pada kita untuk berdoa tiada henti.
Bila kesulitan datang beruntun sesungguhnya Allah beri kesempatan bagi kita agar senantiasa doa itu terlantun. Dan bila kesulitan tak mampu segera terselesaikan, saatnya kita menyadari bahwa hakikat kehidupan adalah perjuangan dan butuh pengorbanan.

Allah SWT pasti akan menciptakan kemudahan setelah kesulitan.
Tidakkah engkau tahu, sesungguhnya pasti ada keadaan lain yang Allah berikan setelah kesulitan?
Allah telah memberi janji dengan firmanNya itu, balik kesulitan, pasti ada jalan keluar yang begitu dekat.
Dalam surat Alam Nasyroh, Allah Ta’ala berfirman, “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. An Nasyr: 5) Ayat ini pun diulang setelah itu, “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. An Nasyr: 6).

Aidh Al Qarni dalam kitabnya Laa Tahzan halaman 18 menasihati kita, “Wahai manusia, setelah lapar ada kenyang, setelah haus ada kepuasan, setelah begadang akan ada tidur pulas, dan setelah sakit ada kesembuhan. Setiap yang hilang pasti ketemu, dalam kesesatan akan datang petunjuk, dalam kesulitan ada kemudahan, dan setiap kegelapan akan terang benderang.”

Kesulitan bisa memberi hikmah dan pelajaran.
Kesulitan mengajarkan kemampuan untuk memikul beban dan bertahan.
Kesulitan menghapuskan dosa.
Kesulitan memperbanyak pahala.

Tiada yang sia-sia atas kehendak Nya.
Allah hadirkan banyak kesulitan bukan ingin membuat kita sengsara.
Allah hadirkan kesulitan untuk membuat kita belajar bagaimana menyelesaikannya.
Saat seperti itulah Allah akan secara langsung mendidik kita, menuntun kita untuk mengurai setiap kesulitan demi kesulitan. Dengan kesulitan kita belajar bagaimana menjadi kuat, dengan kesulitan kita bisa belajar bagaimana menjadi tangguh. Bahkan dengan kesulitan Allah persiapkan banyak kemudahan serta prestasi-prestasi istimewa. Dalam kalam Nya jelas dinyatakan bahwa setelah kesulitan Allah sudah siapkan banyak sekali kemudahan.

Malcolm X dalam pernyataannya, “Tak ada yang lebih baik dari ujian. Setiap kekalahan, kehilangan, masing-masing kesulitan itu memiliki benih berupa pelajaran tentang bagaimana kita sebagai manusia untuk meningkatkan produktivitas pada masa yang akan datang.”

Perjuangan dan pengorbanan itulah tabiat kehidupan.
Jangan melepaskan keimanan agar mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian.

◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇
AIHQ - DK PSDM ODOJ
AIHQ/169/08/09/2016
oaseodoj@gmail.com
🔸🔹🔸🔹🔸🔹🔸
[9/9 06:11] Odoj Mb Santi: No          : 63/TimKre/OPQ/2016
Hal         : *Ayat Al Quran*
Hari/Tgl : Kamis, 08 September 2016/ 06 Dzulhijjah 1437 H

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

🔜Road To OPQ (Olimpiade Pecinta Qur'an) *H-57*

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalaamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Firman Allah SWT

وَلَا يَصُدَّنَّكُمُ الشَّيْطَانُ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ

Artinya:

“Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh syaitan; sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu” (Q.S. Az Zukhruf : 62)

*Mau tau lebih banyak tentang OPQ ? Yuuk lihat Video yang satu ini :*

http://bit.ly/VideoOlimpiadePecintaAlquran

*Jangan lupa Like and share* fanpage OPQ >>  https://www.facebook.com/eventopq2016/

#semangatOPQ2016
#suksesOPQ2016
#MYHT
#timkreatifOPQ

💎Follow us💎
Web : onedayonejuz.org
FP : One Day One Juz
IG : @onedayonejuz
IG : @opqsukses2016
Twitter : @onedayonejuz
LINE : @onedayonejuz
[9/9 06:34] Odoj Mb Santi: Kamis, 6 Dzulhijjah 1437 H/ 8 September 2016.

             *💥 RENUNGKANLAH TENTANG MEREKA… 💥*

👤 Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata :

وكلما غفل قلبك واندمجت نفسك في الحياة الدنيا فاخرج الى القبور وتفكر في هؤلاء القوم 

Setiap kali hatimu lalai dan terlarut dalam kehidupan dunia, keluarlah engkau menuju kuburan..

وتفكر في هؤلاء القوم 

Dan renungkanlah tentang mereka-mereka ini (para penghuni kubur)..

الذين كانوا بالأمس مثلك على الأرض يأكلون ويشربون ويتمتعون 

Kemarin mereka seperti dirimu berada diatas bumi, mereka makan, minum dan bersenang-senang.

والآن أين ذهبوا

Dan sekarang kemana mereka pergi?

صاروا الآن مرتهنين بأعمالهم 

Sekarang mereka tergadaikan dengan amalan-amalan mereka (di dalam kubur). 

لم ينفعهم إلا عملهم كما أخبر بذلك النبي عليه الصلاة والسلام أنه قال

Tidak bermanfaat bagi mereka kecuali amalan-amalan mereka, sebagaimana hal itu dikabarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam :

يتبع الميت ثلاثة : ماله وأهله وعمله ، فيرجع اثنان ويبقى واحد ، يرجع أهله وماله ، ويبقى عمله

“Akan mengiringi mayit tiga perkara, Hartanya, keluarganya dan amalannya. Maka akan kembali pulang dua perkara dan akan tinggal bersamanya satu perkara. Yang akan kembali pulang keluarganya dan hartanya, dan akan tinggal bersamanya amalannya.” (HR. Bukhori, Muslim)

ففكِّر في هؤلاء القوم

Maka renungkanlah tentang mereka-mereka ini..
________________________

📚 Syarh Riyadhus Shalihin 3/473
📂 Shahih Fiqih Wanita

Share, yuk! Semoga saudara² kita mendapatkan faidah ilmu dari yang anda bagikan dan menjadi pembuka amal² kebaikan bagi anda yang telah menunjukkan kebaikan. آمِينَ.

                                      ___ 🍃🍀🍃 ___
[9/9 06:34] Odoj Mb Santi: Dengan judul *Bersegera dg Menyambut Panggilan Dakwah*
[9/9 06:34] Odoj Mb Santi: 🚀 *BERSEGERA MENYAMBUT PANGGILAN DAKWAH*🚀

📗🏃�🏊🏿🏹🏇⚔🛡�

_Sahabat Surga Pejuang Quran AIHQ yang disayang Allah..…_

Dakwah dan jihad adalah dua kata yang selamanya harus ada dan terpatri dalam diri seorang Muslim yang menghendaki *al-manzilah al-ulya* (kedudukan tinggi) di sisi Allah SWT.

Setiap mukmin yang memahami dan menghayati hakikat kehidupan pasti akan menempuh jalan kebahagiaan abadi di sisi Allah SWT. Ia akan mendekat, berlari, dan terbang menuju keridhaan-Nya *fafirruu ilallaah* (Q.S. Adz-Dzaariyaat/51/50).
Dan setiap al-akh yang di dalam relung hatinya terhujam keyakinan bahwa kematian itu kepastian yang cuma terjadi sekali, maka ia akan memilih seni kematian yang paling mulia di sisi Allah.

🍂💫
Imam Syahid Hasan Al-Banna rahimahullah mengungkapkan bahwa *umat yang dapat memilih seni kematian dan memahami bagaimana mencapai kematian yang mulia, maka pasti Allah berikan kepada mereka kemuliaan hidup di dunia dan kenikmatan abadi di akhirat* (Risalah Jihad-Majmuah Rasail Al-Banna).

🍂💫
Ikwati kariim...
❓Adakah jalan yang lebih mulia dan dapat membawa kita menuju puncak kebahagiaan selain jalan dakwah yang telah ditempuh oleh Rasulullah SAW dan yang beliau nyatakan menjadi jalan pengikutnya?

_Allahumma laa_

❓Dan adakah kematian yang lebih terpuji di sisi-Nya yang selalu didambakan oleh hamba-hamba yang beriman sejak dulu hingga hari kiamat selain mati dalam jihad fii sabilillah?

_Allahumma laa_

Allah ber firman :
📝 _Katakanlah, “Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik_ (Q.S. Yusuf: 108)

📝 _Apakah (orang-orang yang memberi minuman kepada orang-orang yang mengerjakan haji dan mengurus Masjidil Haram, kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta berjihad di jalan Allah? Mereka tidak sama di sisi Allah; dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada kaum yang zhalim. Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan._ (Q.S. At-Taubah: 19-20)

1⃣🐾
[9/9 06:34] Odoj Mb Santi: _Ikhwati fillah_
🍂💫

🍃Mari sejenak mari sejenak berkaca pada perkataan Rasulullah SAW yang jadi tauladan dan guru mulia kita dalam berdakwah.

Ketika para kaum quraisy ingin menghentikan dakwah beliau dengan mengancam Abu Thalib. Beliau bersabda, _"Wahai pamanku, demi Allah andaikan mereka meletakkan matahari di tangan kananku dan bulan ditangan kiriku, agar aku meninggalkan agama ini, hingga Allah memenangkannya atau aku ikut binasa karenanya, maka aku tidak akan meninggalkannya."_

Begitulah cintanya Rasulullah terhadap dakwah ini, menjalalankan amanah dakwah dengan sebaik-baiknya dalam bingkai ketaatan kepada Allah. Semangat dakwah beliau adalah panutan bagi kita agar terus *bersegera menyambut seruan dakwah.*

_Ikhwati Fillah yang dirahmati Allah_

❓Bagaimana dengan para sahabat yang segera menyambut seruan dakwah..?
🍃Tidak ada yang telah membuat usia para sahabat dan para ulama sekaliber Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafii, dan Imam Ahmad r.a. seolah terus memanjang hingga akhir zaman, kecuali dakwah yang mereka lakukan. Tidak ada sesuatu yang telah membuat lisan orang-orang mukmin menyebut dan mendoakan Abu Bakar, Umar, Utsman, Ali, Thalhah, Zubair, dan Khalid bin Walid r.a. atau tokoh-tokoh seperti Shalahuddin Al-Ayyubi, Thariq bin Ziyad, dan Al-Muzhaffar Quthuz selain jihad fii sabilillah. Kehidupan mereka menjadi amat berarti dan berharga karena mereka sigap menyambut seruan Allah dan Rasul-Nya.

_Namun akhil kariim_

🍂Kesigapan itu bukanlah suatu hal yang muncul begitu saja, melainkan adalah buah keimanan kepada Allah sebagai Pemberi dan Pencipta kehidupan, buah keimanan yang kokoh kepada hari akhir saat terwujudnya kehidupan dan kebahagiaan hakiki.
Kesigapan itu lahir dari hati yang tidak lalai dari hakikat ini berkat taufiq dan riayah rabbaniyah.
Oleh sebab itu, Allah SWT berfirman

📝 _"dan ketahuilah bahwa Allah membentengi antara seseorang dengan hatinya, dan ketahuilah bahwa hanya kepada-Nya kamu akan dikumpulkan (di mahsyar)_ *(Al Anfal : 24)*

🍂Maka kita patut bertanya dan mengevaluasi diri. ❓Seberapa kuatkah hakikat kehidupan abadi di akhirat telah tertanam dalam hati sehingga kita berhak mendapatkan *riayah rabbaniyyah* tersebut yang membuat *ruhul istijabah* menjadi karakter dalam diri kita?

❓Seberapa kuat hakikat ini mewarnai atau *men-shibghah* (QS 2:138) diri dan perilaku kita sehingga segala resiko duniawi dalam dakwah dan jihad *fi sabililillah* menjadi kecil di mata kita?

🍂Kekuatan inilah yang menyebabkan Anas bin An-Nadhr r.a.--paman Anas bin Malik r.a.) memberikan respon spontan kepada Saad bin Muadz r.a. tatkala pasukan mukmin terdesak oleh musyrikin di perang Uhud dengan ucapannya:
_Ya Saad! Surga-surga aku mencium baunya di bawah bukit Uhud._ Kemudian beliau maju menjemput syahid hingga jenazahnya tidak dapat dikenali, kecuali oleh saudara perempuannya lewat jari tangannya (Muttafaq alaih - Riyadhus shalihin, Kitab Al-Jihad, hadits No 1317).

2⃣🐾
[9/9 06:35] Odoj Mb Santi: _Ikhwatifillah yang dimuliakan Allah_

🍂Hal itu pula yang menjadikan Hanzhalah Sang Ghasiil Al-malaikat segera merespon panggilan jihad, meski ia baru menikmati malam pengantin dan belum sempat mandi hadats besar.

🍂Perhatikan pula respon Umair Ibn Al-Humam r.a. tatkala beliau mendengar sabda Rasulullah SAW, *Quumuu ilaa jannatin ardhuhas-samaawaatu wal-ardh (Bangkitlah menuju surga yang luasnya seluas langit dan bumi)*. Beliau mengucapkan kata bakh-bakh (ungkapan takjub terhadap kebaikan dan pahala) semata-mata karena ingin menjadi penghuni surga, lalu segera membuang beberapa biji kurma yang sedang dikunyahnya sambil berkata, *La-in ana hayiitu hattaa aakula tamaraatii haadzihii innahaa lahayaatun thawiilah* (Jika saya hidup sampai selesai memakan kurma ini, oh betapa lamanya (menanti surga)). Lalu beliau maju hingga gugur di perang Badar. (H.R. Muslim, dalam Riyadhus shalihin, Kitab Al-Jihad, hadits No 1314).

🍂Atau seperti Imam Al-Banna yang berangkat menunaikan tugas dakwah meskipun anaknya terbaring sakit. Beliau meyakini bahwa setelah usahanya optimal untuk mengobati putranya, Allah SWT yang diharapkan ridha-Nya dalam menunaikan tugas dakwahnya, tidak pernah akan mengecewakan dirinya.

_Ikhwatifillah_

🍂 *Ruhul istijabah* juga muncul karena pemahaman kita tentang :
👉🏻Qhadhaya ummah (masalahnya ummat) dan
👉🏻Tanggung jawab (ruhul masuliyyah) kita untuk mencari solusinya.
🍂Orang yang tidak mengetahui bahaya yang mengancam dirinya, sangat sulit kita harapkan responnya untuk menghindari apalagi menghilangkan bahaya tersebut.

🍂Imam Syahid Hasan Al-Banna bahkan menghendaki agar setiap al-akh memiliki *kepekaan perasaan* (daqiiq asy-syuuur), bukan sekadar pengetahuan teoritis, tetapi harus menjadi kepekaan perasaan yang membuatnya tersentuh bahagia dengan kebaikan, dan terluka karena keburukan dan kebatilan.

❓Bukankah dakwah adalah upaya kita menegakkan al-haq dan menghancurkan kebatilan?

🍂Sifat daqiiq asy-syuuur dan ruuhul masuuliyyah berarti mengharuskan kita untuk *selalu berinteraksi dengan masalahnya ummat* dan terus memahaminya tanpa menunggu orang lain memahamkannya untuk kita. Sifat ini juga seharusnya membuat respon kita menjadi spontan dan penuh energi sehingga melahirkan kekuatan dahsyat, betapapun lemahnya kondisi fisik.

🍂Lihatlah, bagaimana Al-Quran menceritakan kemampuan *Maryam AS, ibunda Isa AS*, menggoyang batang pohon kurma sehingga buahnya berjatuhan ketika beliau dalam keadaan lemah tak berdaya, semata-mata karena rasa tanggung jawabnya akan kelahiran dan keselamatan putranya yang akan mengemban risalah dakwah? (periksa Q.S. Maryam: 22-25).

3⃣🐾
[9/9 06:35] Odoj Mb Santi: _Ikhwah fillah para pengemban dakwah dan pejuang Alquran_

🍂 Beban kehidupan dunia yang kita hadapi, apapun bentuknya, jangan sampai membuat kita kehilangan kepekaan dan kesigapan memenuhi seruan dakwah dan jihad. Kita patut meneladani mujahidin Palestina yang tidak pernah mengendor semangat dan aktivitas jihadnya meskipun perjalanan panjang telah melewati dan terus menanti mereka.

🍂 Juga, meskipun kesulitan hidup, bahkan tekanan bertubi-tubi terus menghantam. Yakinlah bahwa kebersamaan kita dengan Rasulullah SAW, shiddiqin, syuhada, dan shalihin di surga  insya Allah  ditentukan oleh sejauh mana kita meneladani mereka dalam kesigapan memenuhi seruan dakwah dan jihad.

🍂Ingatlah selalu kecaman Allah dan Rasul-Nya terhadap orang-orang munafik yang selalu mencari-cari alasan *(tafannun fil udzr)* untuk menghindar dari kebutuhan berdakwah dan berjihad
(lihat Q.S. 9/At-Taubah: 94).

🍂Tadabburi pula ayat lainnya di dalam surat At-Taubah, terutama ayat 41-47, yang mengungkapkan kemalasan dan keengganan mereka agar kita senantiasa terhindar dari sifat-sifat mereka.

📝 _Katakanlah, “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, istri-istri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasiq._(Q.S. At-Taubah: 24).

*🏹Untukmu Para Panglima Dakwah🏹*

🍂Dari sini kami memulai,
Jalan Dakwah mengajarkan bahwa kami memang *membutuhkan dakwah*. Kebersamaan dengan saudara-saudara di jalan ini semakin menegaskan bahwa kami harus hidup bersama mereka di jalan ini agar berhasil dalam hidup dunia dan akhirat kami.

🍂keletihan itu, akan menjadi beban ketika kami merasakannya sebagai keletihan fisik yang tidak diikuti oleh *keyakinan ruhiyah*. Maka sesungguhnya kesempitan dijalan ini, pasti menyimpan hikmah luar biasa yang akan tercurah dalam bentuk rahmat Allah.

🍂Pejuang dakwah adalah orang-orang yang tidak tidur sepenuh kelopak matanya, makan seluas mulutnya, tertawa selebar rahangnya, dan menunaikan waktunya dalam senda gurau permainan yang sia-sia. Jika itu terjadi, mustahil ia termasuk orang-orang yang menang atau tercatat sebagai barisan mujahidin. (Risalatu Ta'alim, Hasan Al Banna)

🍂Kami telah memilih untuk melangkah diatas kaki kami sendiri, diatas pemahaman dan lubuk hati kami sendiri. Ya, sekali lagi, karena *kami sendiri yang telah memilih jalan ini karena Allah*.

🍂Jalan ini menunjukkan fakta kepada kami bahwa, perjalanan bersama kebatilan hanya bergulir satu masa. Sementara *perjalanan bersama kebenaran itu akan terus berlangsung hingga akhir masa.*

🍂 _"Dan hendaklah (ada) diantara kalian ummat yang menyerukan pada kebaikan, memerintahkan pada kebaikan dan melarang dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang menang."_ (Q.S Ali Imran : 104)

⁉Masihkah kita terdiam, berpangku tangan terhadap dakwah ini...?
*Bersegeralah menuju seruan Allah*

(Beginilah jalan dakwah mengajarkan kami : M.Lili Nur Auli)

Wallahu a'lam bishawab

4⃣🐾end
[9/9 06:35] Odoj Mb Santi: 9. Nanda 🙋� izin tanya

Bagaimana cara kita menyemangati atau mengajak teman2 agar semangat juga dalam dakwah bunda..
[9/9 06:35] Odoj Mb Santi: 28. Hilda 🙋🏼, mau tanya

Bagiamana menjga keistiqamahan diri kita dlm berdakwah..?
[9/9 06:36] Odoj Mb Santi: bismillah....ukhti sholihah,,seseorang biasanya semangat melakukan sesuatu krn dia memahami manfaat yg akan diraihnya...maka kunci semangat adlh al fahmu,dr kefahaman lahirlah banyak sifat dan karakter baik lainnya...dr kefahaman kt menjd ikhlash,sabar ,istiqomah dan sikap positif lainnya.
[9/9 06:36] Odoj Mb Santi: ukhti,hilda jln da'wah adl jln yg ditempuh para nabi,jln yg bertabur dgn mihnah,ujian yg tdk disukai jiwa,,,,tp jln inilah yg Allah limpahkan banyak keberkahan yg akan berujung di jannatul firdaus...kenali hakikat jln ini ...mohonlah kpd Allah agar kita tetap dipilih Allah dlm barisan penuh berkah ini...in syaa Allah akan tumbuh istiqomah di dlm jiwa kita...
[9/9 06:36] Odoj Mb Santi: ukhti Coen...dua2 nya punya hak untuk mndt sentuhan da'wah ,,,,bg yg Muslim utk menguatkan keislamannya,,,bg yg non muslim untuk mengenal keindahan syariat islam,,,hingga tergerak utk memeluknya.
[9/9 06:36] Odoj Mb Santi: iya ukhti,,kdg kita jg perlu utk mengkaji faham mereka ya agar bisa mengimbangi dan memberikan hujjah yg dpt melecut kesadaran mrk utk kembali,,,'ala kulli hal semua berpulang kpd irodah Allah sang pemilik hati,,kita lakukan yg mjd kewajiban kita kpd saudara ,respon mrk Allah yg punya.
[9/9 06:42] Odoj Mb Santi: *Materi Tayang Harian*
_AIHQ DK PSDM ODOJ_

*💠📚 T.A.P 📚💠*
Tafsir Ayat Pilihan
📌TAP/11/08/09/2016/AIHQ/PREMI-1DK

☘🌱☘🌱☘🌱☘🌱☘🌱
📕Edisi : Kamis
📆06 Dzulhijjah 1437 H
📆08 September 2016 M
☘🌱☘🌱☘🌱☘🌱☘🌱

🌴Allah Ta’ala berfirman:

بسم الله الرحمن الرحيم

📖فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

🍃"Dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berqurbanlah.” (QS. Al kautsar ayat 2)

🌿🌼🌿

📗Syaikh Musthofa Al ‘Adawy berkata, “Orang yang masih berada dalam fitrah yang selamat, tentu ketika diberi nikmat akan dibalas dengan syukur."

📗Dirikan Shalat dan Qurban Hanya untuk Allah.

📗Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berqurbanlah, adalah jadikanlah shalatmu hanya karena Allah dan jangan ada niatan untuk yang selain-Nya. Begitu pula jadikanlah hasil sembelihan unta ikhlas karena Allah. Jangan seperti yang dilakukan oleh orang-orang musyrik di mana mereka melakukan sujud kepada selain Allah dan melakukan penyembelihan atas nama selain Allah. Bahkan seharusnya shalatlah karena Allah dan lakukanlah sembelihan atas nama Allah.

📗Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman,

📖قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (162) لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ (163)

🍃“Katakanlah: sesungguhnya shalatku, ibadahku (sembelihanku), hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam. Tiada sekutu bagiNya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).” (QS. Al An’am: 162-163)

📗Qotadah berpendapat bahwa yang dimaksud shalat di sini adalah shalat Idul ‘Adha. Adapun maksud ‘naher’ adalah penyembelihan pada hari Idul Adha sebagaimana pendapat Ibnu ‘Abbas, ‘Atho’, Mujahid dan jumhur (mayoritas ulama). (Lihat Zaadul Masiir, 9: 249)

Wallahua'lam bishshowab

♻♻♻♻♻♻♻♻♻♻

•○○○•○○○•○○○•○○○•○○○•○○○

_AIHQ - DK PSDM_

_*Mengikat Hati Menjadi Pribadi Qur'ani*_

📚💠📚💠📚💠📚💠📚💠
[9/9 06:42] Odoj Mb Santi: *Materi Tayang Harian*
_AIHQ DK PSDM ODOJ_

*☀📝 T.J.M.T 📝☀*
Tanya Jawab Materi Tayang
📌TJMT/04/08/09/2016/AIHQ/PREMI-1DK

💥❄💥❄💥❄💥❄💥❄
🖌Edisi : Kamis
🖌06 Dzulhijjah 1437 H
🖌08 September 2016 M
💥❄💥❄💥❄💥❄💥❄

🔖Tanya🔖

🔺Siti 502
🔺Kelas Ummu Aiman

🚩Bagaimana dengan kebiasaan kelurga saya yg insya allah meniatkan qurban dengan bergilir nama.
Misal tahun kemaren nama suami, tahun berikutnya istri, anak dan seterusnya...

🖊Jawabannya :

 بسم الله الرحمن الرحيم

🌾Masya Allah,kebiasaan yang baik, mendidik diri an generasi untuk berqurban.

🌾Dari ‘Aisyah Radhiallahu ‘Anha:

قَالَ بِاسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّدٍ ثُمَّ ضَحَّى بِهِ

‘Nabi mengucapkan: “Bismillahi Allahumma taqabbal min Muhammadin wa Aali Muhammad wa  min  ummati Muhamamdin (Dengan Nama Allah, *Ya Allah terimalah Kurban dari Muhammad, dari keluarga Muhammad* dan umat Muhammad),” lalu beliau pun menyembelih.” (HR. Muslim No. 1967)

🌾Tertulis dalam Al Mausu'ah:

وَقَدْ صَحَّ أَنَّ رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ضَحَّى بِكَبْشَيْنِ أَحَدُهُمَا عَنْ نَفْسِهِ ، وَالآْخَرُ عَمَّنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِهِ .

"Telah shahih bahwa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkurban dengan dua kambing kibas, satu untuk dirinya dan satu untuk umatnya yang belum berkurban." (Al Mausu'ah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 5/106)

🌾Pun, dengan 1 ekor kambing untuk diqurbankan  atas nama satu keluarga juga sah sah saja. Barakallah...

Wallahua'lam Bisshowab

💥🌼💥

🔺Elena 0891
🔺Kelas Ummu Aiman

🚩Hewan apa yg paling disenangi oleh rasul utk berqurban.. ? Apakah sapi onta atau kambing.. dan apakah setiap hewan ini lain lain nilai pahalanya.. ? Jazakillah khairan...

🖊Jawaban :

 بسم الله الرحمن الرحيم

🌾Sebenarnya yang dipentingkan  dalam ibadah ini memang bukan penyembelihannya, tetapi makna di balik penyembelihan itulah yang lebih diutamakan.

🌾Lewat qurban ini kita di ajari oleh Allah agar menghilangkan sifat egoistis, kita harus membuang jauh-jauh sifat ini, Qurban adalah latihan agar umat islam membiasakan diri memperhatikan orang lain, menghilangkan sifat kikir dan pelit, dengan membagi-bagikan sebagian rezeki yang dikaruniakan kepadanya., Karena itu qurban tidak cukup dilakukan sekali seumur hidup. Setiap kali kita menjumpai tanggal 10 Dzulhijjah ditambah 3 hari Tasyri’ sedang kita dikaruniai kelapangan rezeki, maka kita laksanakan perintah qurban ini.

🌾Maka,semua hewan baik untuk diqurbankan. Terkait pahala,maka tergantung sejauh apa keikhlasan kita dalam berqurban.

Wallahu'Alam Bisshowab

💥🌼💥

🔺Annisa
🔺Kelas Saudah

🚩Izin bertanya terkait materi, smg boleh ya.
Di berbagai siroh para kafir Quraisy sering bersumpah dgn "wallahi" atau "demi Allah", krn mrk masih tersibghoh dgn milah nabi Ibrahim as.

Yg ingin sy tanyakan, bagaimana posisi Allah menurut pandangan kafir Quraisy saat itu?

Syukron sebelumnya

🖊Jawaban;

 بسم الله الرحمن الرحيم

🌾Afwan mba,
Kaum kafir Quraisy  bukanlah kaum yang tidak mengenal Allah, mereka itu orang-orang mengenal Allah, mereka mengakui sifat-sifat rububiyyah-Nya, yaitu Allah adalah pencipta, pemberi rezeki, yang menghidupkan dan mematikan, serta penguasa alam semesta. silakan buka AlQuran QS. Yunus : 31, QS. az-Zukhruf : 87, QS. al-’Ankabut: 63.

🌾Syaikh Muhammad At Tamimi rahimahullah menceritakan bahwasanya kaum musyrikin yang dihadapi oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang-orang yang rajin beribadah. Mereka juga menunaikan ibadah haji, bersedekah dan bahkan banyak berdzikir kepada Allah. Di antara dalil yang menunjukkan bahwa orang-orang musyrik juga berhaji dan melakukan thawaf berkeliling ka'bah.

🌾Namun kenapa mereka menjadi kafir?

🌾Dengan ibadah tersebut mereka tidak masuk kepada golongan yang selamat karna mereka menyekutukan Allah dengan ilah ilah ( sesembahan ) lain seperti laata, 'uzza, manat, hubal dan ratusan berhala lainnya sebagai  yang mereka anggap sebagai perantara mereka kepada Allah.

🌾Hal inilah yang membuat mereka menjadi kaum musyrikin yang didakwahi oleh Rasulullah SAW .

Wallahu'Alam Bisshowab

💥🌼💥

🔺Prem 1

🚩Afwan izin bertanya seputar kisah Fatimah AzZahra:
- nama sodara kandung bliau yaitu Ummi Kultsum dan Zainab sama persis dgn nama anak2  perempuan bliau ya ?
- ada tertulis Ali bin Abi Thalib dan Ali bin Abu Tholib. Afwan setau sy dgn ilmu yg sangat kurang,  pengertian abi dan abu berbedan mana yg betul?  jazakillah.

Terima Kasih

🖊Jawaban;

 بسم الله الرحمن الرحيم

🌾Keluarga Fatimah Azzahra dibangun atas dasar cinta dan kasih sayang kepada suami dan anak-anaknya. Pada tahun ke-2 Hijriah, Fatimah melahirkan putra pertamanya yang oleh Rasulullah saw diberi nama “Hasan”. Rasul saw sangat gembira sekali atas kelahiran cucunda ini. Beliau pun menyuarakan azan pada telinga kanan Hasan dan iqamah pada telinga kirinya, kemudian dihiburnya dengan ayat-ayat Al-Qur’an.

🌾Setahun kemudian lahirlah Husain. Demikianlah Allah SWT berkehendak menjadikan keturunan Rasulullah saw dari Fatimah Azzahra r.a. Rasul mengasuh kedua cucunya dengan penuh kasih dan perhatian. Tentang keduanya beliau senantiasa mengenalkan mereka sebagai buah hatinya di dunia.

🌾Bila Rasulullah saw keluar rumah, beliau selalu membawa mereka bersamanya. Beliau pun selalu mendudukkan mereka berdua di haribaannya dengan penuh kehangatan. Suatu hari Rasul saw lewat di depan rumah Fatimah r.a. Tiba-tiba beliau mendengar tangisan Husain. Kemudian Nabi dengan hati yang pilu dan sedih mengatakan, “Tidakkah kalian tahu bahwa tangisnya menyedihkanku dan menyakiti hatiku.”

🌾Satu tahun berselang, Fatimah r.a melahirkan Zainab. Setelah itu, Ummu Kultsum pun lahir. Sepertinya Rasul saw *teringat akan kedua putrinya Zainab dan Ummu Kultsum ketika menamai kedua putri Fatimah itu dengan nama-nama tersebut.* Dan begitulah Allah SWT menghendaki keturunan Rasul saw berasal dari putrinya Fatimah Zahra.

🌾Penamaan yang benar adalah Ali bin Abi Thalib
Barangkali di artikel salah ketik saja.

Wallahu'Alam Bisshowab

🚩🔺🚩🔺🚩🔺🚩🔺🚩🔺

•○○○•○○○•○○○•○○○•○○○•○○○

_AIHQ - DK PSDM_

_*Mengikat Hati Menjadi Pribadi Qur'ani*_

☀📝☀📝☀📝☀📝☀📝
[9/9 06:42] Odoj Mb Santi: *Materi Tayang Harian*
_AIHQ DK PSDM_

🔬🎒 *P.I* 🎒🔬
Parenting Islam
📌PI/02/08/09/2016/AIHQ/PREMI-1DK

☘🍃☘🍃☘🍃☘🍃☘🍃
📘Edisi : Kamis
📆06 Dzulhijjah 1437 H
📆08 September 2016 M
☘🍃☘🍃☘🍃☘🍃☘🍃

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

*🐟MEMELIHARA BINATANG🐟*

بسم الله الرحمن الرحيم

👶Saat anak merengek minta dibelikan hewan peliharaan, biasanya para ibu berpikir berkali-kali menilik beberapa alasan, seperti bulunya yang menimbulkan penyakit, kerepotan saat memberi makan, dan membersihkan kotoran.  

📄 *Faktanya* menurut Alan Beck (Pengurus Center for[ the Human-Animal Bonddi Universitas Purdue, Amerika Serikat), anak-anak yang memiliki hewan peliharaan secara tidak sadar telah belajar mengenai komunikasi non verbal. Anak-anak yang memelihara hewan mungkin akan lebih mudah berempati.  

📄Selain bermanfaat untuk anak, para ahli telah mengakui bahwa memelihara hewan peliharaan memberikan dampak positif bagi kehidupan baik dari segi psikologis dan kesehatan.

*📄Berikut adalah manfaat memelihara hewan peliharaan di keluarga:*

🔹1⃣ Mengurangi stres dan rasa jenuh.
Memiliki aktivitas yang cukup padat dapat meningkatkan risiko stres dan kejenuhan. Banyak cara untuk mengurangi stres, salah satu contohnya adalah memiliki hewan peliharaan. Dengan melihat tingkah lucu dari hewan tersebut membuat kita senang dan sejenak bisa melupakan kepenatan.

🔹2⃣ Melatih untuk lebih bertanggung jawab.
Mempunyai hewan peliharaan berarti kewajiban untuk merawat hewan tersebut. Hewan peliharaan juga makhluk hidup yang butuh makan dan minum juga. Dengan memiliki hewan peliharaan kita dapat belajar bagaimana harus bertanggung jawab atas binatang peliharaan.

🔹3⃣ Membuat orang lebih rajin.
Merawat peliharaan mulai dari memberi makan, memandikan hewan peliharaan, mengajak jalan-jalan, dan lain sebagainya menjadikan kita akan terbiasa untuk beraktivitas dan tidak bermalas-malasan saja. Hal ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik jika dilakukan secara terus menerus.

🔹4⃣ Menjadikan pribadi yang lebih baik.
Banyak hal yang didapatkan saat kita memelihara hewan peliharaan. Dengan memelihara hewan, kita dapat belajar untuk berempati lebih baik lagi dan cenderung tidak kasar sekaligus mengajarkan sifat penyayang dan tidak mudah marah.

🔹5⃣ Mempererat hubungan antar anggota keluarga.
Salah satu cara mempererat hubungan kita dengan keluarga kita adalah dengan memiliki hewan peliharaan. Usahakan binatang peliharaan tersebut adalah binatang yang disukai oleh semua anggota keluarga. Melakukan aktivitas secara bersama seperti memberi makan, memandikan hewan peliharaan, dan mengajaknya jalan-jalan bersama keluarga, dapat membuat hubungan kita dengan keluarga semakin dekat.

🔹6⃣ Membuat Anda betah di rumah
Adanya hewan peliharaan di rumah memang cukup membuat suasana rumah menjadi lebih baik. Selama kita memelihara hewan di rumah, kita akan selalu rindu pulang untuk bertemu dengan mereka. Melihat aksi lucu dari hewan tersebut membuat kita enggan untuk pergi ke mana-mana. Dengan adanya hal ini kita dapat mengurangi bepergian ke tempat-tempat yang kurang menguntungkan untuk. Lebih baik langsung pulang ke rumah dan bermain dengan peliharaan.

🔹7⃣ Memberi pengaruh yang positif untuk kesehatan.
Manfaat kesehatan dari merawat hewan peliharaan cukup banyak diteliti dan diakui. Tidak hanya memberi keuntungan dalam segi psikologis tetapi juga memberi hal positif dari segi kesehatan. Banyak hasil penelitian yang mengatakan bahwa memelihara hewan peliharaan menjadikan tekanan darah dan denyut nadi normal. Rutin mengajak hewan peliharaan untuk jalan-jalan mampu membakar kalori sehingga dapat digunakan untuk terapi menurunkan berat badan.

🔹8⃣ Dapat menambah pendapatan kita (dari segi bisnis).
Memelihara hewan peliharaan juga dapat kita gunakan untuk menghasilkan uang. Banyak cara yang dapat kita lakukan seperti ikut dalam kontes hewan, penyewaan hewan untuk fotografi, dan juga beternak hewan peliharaan.

*📄Selain beragam manfaat tersebut diatas, dalam islam pun hukum memelihara hewan adalah ```boleh``` dengan memperhatikan syarat2 sbb:*

🔸1⃣  Binatang yg dipelihara itu bukan babi dan Anjing. Karena ia kotor (najis) dan haram dikonsumsi dan diperjualbelikan, kecuali jika tujuan memelihara anjing adalah utk berburu atau penjaga ladang atau hewan ternak, maka ini hukumnya boleh.

📄Sebagaimana sabda Rasulullah berikut:
"Barang siapa memelihara anjing selain anjing berburu atau penjaga hewan ternak, maka pahalanya akan berkurang setiap hari sebesar dua qirath (1 qirath sebesar gunung uhud).” (HR. Bukhari no.2322 dan Muslim no.1571-1575).

🔸2⃣ Harus memberikan makan dan minum kepada binatang piaraan tsb, serta tidak menyakiti atau menyiksanya dlm bentuk apapun. Tercantum dalam sebuah riwayat: “Seorang wanita disiksa karena seekor kucing yang dia kurung sampai mati. Dia masuk Neraka karenanya. Dia tidak memberinya makan dan minum sewaktu menyekapnya. Dia tidak pula membiarkannya makan serangga bumi.” (HR. Bukhari)

🔸3⃣ Tidak boleh memperjual belikan binatang piaraan tsb. Jika ia termsuk binatang yg haram dimakan spt kucing, anjing, babi, ular, kodok, dll.

📄Hal ini berdasarkan hadits shohih berikut ini:
Abu Az-Zubair, menuturkan: "Saya pernah bertanya kepada sahabat Jabir tentang hasil penjualan anjing dan kucing? Ia menjawab: “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang hal itu.” (HR. Muslim).

📄Dan diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu anhuma, ia berkata: "bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam melarang jual beli anjing dan kucing.” (HR. Abu Daud)

📄Dan diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu anhuma, ia berkata: "bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam melarang memakan kucing dan memakan hasil penjualannya.” (HR. Baihaqi).

📄Dan binatang apapun yg haram dikonsumsi dlm agama Islam maka haram pula hasil penjualannya.

📄Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam:
“Sesungguhnya apabila Allah telah mengharamkan atas suatu kaum untuk memakan sesuatu, pasti Dia mengharamkan pula atas mereka hasil penjualannya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan diShohihkan oleh Ibnu Hibban).

*📄Tips Memilih Hewan Peliharaan Keluarga:*

🐨 Anggota keluarga harus memiliki waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan binatang tersebut. Jika tidak banyak memiliki waktu luang, pilihlah binatang yang tidak memerlukan interaksi terlalu banyak, misalnya kucing, hamster, kelinci, kura-kura, atau ikan hias.

🐰Memiliki ruangan yang cukup untuk memelihara binatang tersebut. Binatang seperti kelinci dan kucing membutuhkan tempat yang agak luas untuk beraktivitas, seperti halaman rumah atau kebun.

🐯 Pertimbangkan juga usia binatang saat mulai adopsi. Anak kucing memang menggemaskan, namun seperti anak kecil, mereka masih membutuhkan perawatan dan perhatian yang ekstra, serta rentan terserang penyakit.

🐔 Binatang peliharaan yang dipilih sebaiknya harus disukai oleh semua anggota keluarga, jangan sampai binatang peliharaan ini menjadi sumber pertengkaran dalam keluarga karena ada yang tidak menyukainya. Perhatikan juga jika ada anggota keluarga yang alergi, jangan sampai kehadiran binatang peliharaan ini justru mengganggu kesehatannya.

📄 Walaupun memiliki banyak dampak positifnya, memiliki hewan peliharaan memerlukan perawatan khusus agar terhindar dari penyakit. Lakukan perawatan yang rutin dan teratur serta sering mencari info penting tentang cara merawat hewan peliharaan Anda. Dan jangan lupa untuk membawa hewan Anda pergi ke dokter hewan saat mereka sedang sakit.

©BERBAGAI SUMBER

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

•○○○•○○○•○○○•○○○•○○○•○○○

_AIHQ - DK PSDM ODOJ_

_*Mengikat Hati Menjadi Pribadi Qur'ani*_

🎒🔬🎒🔬🎒🔬🎒🔬🎒🔬
[9/9 06:56] Odoj Mb Santi: ODOJER ITU......
⛔Tidak menunggu dihubungi untuk laporin KHOLAS-nya
⛔Tidak malu Laporin progres tilawahnya walau baru beberapa lembar
⛔Tidak selalu menunggu datangnya panggilan cinta baru LAPORAN
⛔Tidak mau selalu dijapri-japri hanya krn LUPA laporan
⛔Tidak banyak alasan
⚡⚡Kobarkan SEMANGAT ngODOJ⚡⚡
✊ kalau ada 1000 ODOJER yang KHOLAS, maka aku salah satunya
✊ kalau ada 100 ODOJER yang KHOLAS, maka aku salah satunya
✊ kalau ada 10 ODOJER yang KHOLAS , maka aku salah satunya
✊ kalau ada hanya satu ODOJER yang KHOLAS, ya Allah aku mohon agar akulah orangnya
🌞🌞🌞Pagi-pagi pergi kesawah
🚲🚲🚲Naik sepeda rodanya miring
📖📖📖Ayo cepat bertilawah
⏰⏰⏰Jangan sampai waktu berdering
💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚💚
Moga udah pada kholass ya..😊.
Aamiin......
Semoga hari ini lebih baik dari kemarin
#salam full semangat✊🏻✊🏻✊🏻

#salamrobodoj

Tidak ada komentar:

Posting Komentar