Senin, 10 Oktober 2016

AYO, BACA BUKU...

Penelitian yang dilakukan di Emory University di Amerika Serikat, menemukan bahwa membaca buku yang bagus dapat meningkatkan konektivitas otak dan perubahan saraf permanen sama seperti latihan otot.
.
Hal ini terjadi karena membaca dapat mengaktifkan beberapa lokasi otak secara serentak. Pada saat membaca otak akan bekerja lebih keras secara neurobiologis dibandingkan saat otak memproses gambar atau pidato.
.
Menonton film atau mendengarkan cerita pada kaset juga dapat melatih dan mengembangkan otak, namun tidak secepat dan sebesar perkembangan otak pada saat membaca.
.
Bahkan saat kamu membaca artikel ini, misalnya, bagiandari otakmu yang sedang berkembang untuk fungsi lain seperti fungsi pengelihatan dan bahasa, yang masih berada dalam satu jalur dengan saraf membaca.
.
Jika kita melihat scan MRI pada otak selama membaca, maka kita akan melihat banyaknya kegiatan otak yang terjadi pada saat membaca.
.
Khususnya pada anak-anak yang masih dalam usia emas, perkembangan otak yang sedang meningkat dengan pesat akan sangat baik jika anak juga membaca sebuah buku atau dibacakan oleh orang tuanya.
.
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Perspectives on Psychological Science pada Januari 2013 menyimpulkanbahwa “membaca untuk anak dengan gaya interaktif menaikan IQ lebih dari 6 poin.”
.
.
sumber : Jurnal Brain Connectivity, Daily Mail, santaisaja.net
#mandirainfo #YukBacakanBuku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar