Senin, 07 Oktober 2019

2 AMAL RINGAN YANG MEMBERATKAN

*2 AMAL RINGAN YANG MEMBERATKAN*
_Eka Rahmat Hidayat_
_@ekamology, @ngopi.hijrah_
_________

Sebagai orang  yang konsisten melakukan dosa, dan juga konsisten mendapatkan nikmat dari Alloh setiap harinya, agak naif jika kita tidak melakukan dua hal ini dalam sehari : BERISTIGHFAR dan BERSYUKUR.

Lucunya, jika dikalkulasi dengan satuan waktu, seberapa lama kita berzikir melantunkan istighfar dan hamdalah dalam setiap hari? Seberapa sering laku kita menunjukkan bahwa kita adalah para pelaku dosa yg serius bertaubat? Seberapa banyak karakter dan akhlak menunjukkan kita adalah hamba yg bersyukur?

Mari kita telisik amalan dalam sehari :
Lebih banyak mana kita menghabiskan waktu untuk membicarakan dunia atau berzikir, atau bicara keagungan Alloh? Jika ingin tahu apa yg paling memenuhi hati kita, lihat saja apa yg mendominasi obrolan kita.

Seberapa sering kita peka berapa banyak dosa yg sengaja dan tidak sengaja yg kita lakukan dalam sehari? Jika kita tak tahu jumlahnya, maka itu indikasi bahwa kita memang berdosa pada hari itu. Lalu jika tahu sudah pasti berdosa, tapi tak banyak istighfar, prilaku macam apa yg sedang kita biasakan? Apakah ini ciri hamba yg baik?

Seberapa banyak kita mengeluh akan banyak hal? Seberapa banyak kita lupa menikmati apa yg dititipi dan ada didepan mata? Seberapa sering kita dipusingkan tentang sesuatu yg fana? Semakin kita tahu bahwa dalam sehari kita lebih sering dipusingkan untuk sesuatu yg ditinggalkan dan tidak dibawa mati, itu indikasi bahwa kita memang masih di kelas hamba-hamba yg kurang bersyukur.

Masih mengelak untuk masih memantaskan diri bahwa kematian kita masih baik baik saja padahal dalam sehari tak pernah optimal kita mempersiapkan kematian itu sendiri?

Renungi, perkataan sebagian salaf dibawah ini

إني أصبح بين نعمة تنزل من الله علي، وبين ذنب يصعد مني إلى الله، فأريد أن أُحدِثللنعمة شكرا، وللذنب استغفارا

_“Sungguh aku memulai hari di antara nikmat yang turun dari Allah ta’ala kepadaku dan dosa yang naik dariku kepada-Nya, maka aku ingin menghadapi nikmat dengan syukur, dan dosa dengan memohon ampun.”_

Semoga kita disayang Alloh.
Alloh dulu, Alloh lagi, Alloh terus.
_________________
_*Hijrahmu ditunggu, baikmu dirindu*_
_Newbie_ dalam Islam, pingin berubah lebih baik?
*Visit:*
*Instagram :* @ngopi.hijrah
*Youtube Channel:*
bit.ly/kejernihan
bit.ly/ngopi-hijrah
*Join Group:*
https://chat.whatsapp.com/KXBvLxaoczc26BioTQYZik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar