Rabu, 09 November 2016

CARA SHALAT KHUSYU'


#CurhatTanpaBatas

Assalamu'alaikum Ustad,

Gimana caranya agar sholat kita lebih khusyu'

Tanggapan :

وَاسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلَّا عَلَى الْخَاشِعِينَ

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',

الَّذِينَ يَظُنُّونَ أَنَّهُمْ مُلَاقُو رَبِّهِمْ وَأَنَّهُمْ إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. (QS.Al-Baqoroh : 45-46)

Sholat Khusyu' itu bukan berarti tidak inget apa-apa kecuali Allah saja, tidak begitu

Sahabat Ali bin Abi Tholib pernah berusaha seperti itu tapi ternyata di tahiyat akhir beliau ingat sorban hadiah yang akan diberikan Rosulullah,

Nabi sendiri pernah Sholat sambil gendong cucunya artinya Nabi dalam sholatnya kala itu masih inget cucunya agar gak jatuh dari gendongannya,

Pernah juga Nabi Sholat ada anak kecil nangis di belakang, beliau mempercepat sholatnya karena itu akan mengganggu kekhusyukan jamaah khusunya kegelisahan orangtua si anak kecil itu,

Ada 4 faktor utama yang membuat ibadah kita bisa lebih khusyu' :

1. Merasa BUTUH PERTOLONGAN, Setiap kita punya MASALAH atau IMPIAN / harapan, ketika kita sudah berupaya keras menyelesaikan masalah atau mewujudkan harapan namun tak kunjung terwujud, disinilah kita mengakui KELEMAHAN dan butuh PERTOLONGAN, dan itu kalau kita bawa dalam sholat kita maka kita akan rasakan kekhusyu'an itu, seluruh rasa lemah dan rasa butuh yang amat dalam akan hadir dalam sholat dan tumpah dihadapan Allah SWT yang Maha Kuat dan Maha Menolong.

Jadi gak masalah ketika kita akan melaksanakan Sholat, kita siapkan dulu 'PROPOSAL' yang berisi daftar MASALAH dan HARAPAN kita.

2. SABAR dalam beribadah, TIDAK TERGESA-GESA, memahami dan menikmati seluruh bacaan, doa dalam gerakan sholat, semakin santai sholat kita dapat dipastikan akan semakin khusyu'. Sholat yang terburu-buru akan sulit merasakan kekhusyu'an.

3. Merasa RINDU INGIN BERTEMU, Sholat adalah momentum KETEMUAN seorang Hamba dengan Tuhannya itulah hakekatnya. Akan sangat berbeda perasaan kita, ketika sholat itu hanya kita anggap sebagai rutinitas kewajiban beribadah dibanding dengan ketika kita merasa diundang untuk KETEMUAN dengan SOSOK DZAT yang telah memberikan segalanya buat kita selama ini, Dialah Allah SWT.

4. Merasa bahwa kita akan SEGERA KEMBALI KEPADANYA, merasa bahwa Jatah hidup kita yang begitu AMAT SANGAT TERBATAS, kita gak tau, bisa jadi SHOLAT kita kali ini adalah SHOLAT YANG TERAKHIR, ketika perasaan itu hadir, maka kekhusyu'an ketika sholat akan benar-benar kita rasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar