Minggu, 04 Agustus 2019

MACAM-MACAM SEDEKAH ```

*💍 SERI TARGHIB*
```
📜MACAM-MACAM SEDEKAH
```

🎙Asy-Syeikh Zaid Bin Muhammad Al-Madkhali rahimahullah berkata,

• - أن الصدقة كما تكون بالمال القليل أو الكثير، فإنها أيضاً تكون بأشياء أخرى غير المال، من هذه الأشياء ما يلي:

• - ١- الذكر على اختلاف أنواعه كقراءة القرآن، وهي أفضل أنواع الذكر والتسبيح لله والتحميد والتهليل والتكبير والتوبة والاستغفار وغير ذلك من ذكر القلب واللسان، فإن ذلك صدقات مضاعفة لا كلفة فيها ولا إرهاق ولا مشقة، وإنما هي خفيفة وسهلة وميسرة على القلب واللسان معا.

• - ٢- وتكون الصدقات بأمور أخرى متعددة أرشدتنا إليها نصوص الكتاب والسنة:

• - أ/ كاﻹصلاح بين الناس الذي عظم الله شأنه، فجعله من خير ما يقدمه الإنسان يبتغي به وجه الله والدار الآخرة.

• - ب/ عزل الشوكة والعظم والحجر عن الطريق، ودلالة الأعمى، وإرشاد الأصم والأبكم، وإعلام المستدل على حاجة له قد علمت مكانها، وإغاثة اللهفان، ومساعدة الضعيف ونحو ذلك مما هو مثله من وجوه الصدقات.

• - ج/ حسن الخلق، وطلاقة الوجه، وإفراغك من إنائك في إناء أخيك لك صدقة.

• - د/ كف الشر عن الناس صدقة من العبد على نفسه.

• - هـ/ ما أكلته الطيور والسباع، وما أخذ من المسلم من ماله بدون إذن ولا علم يكون له صدقة كذلك.

• - و/ تعليم العلم أعظم صدقة ؛ لأن فيه إنقاذا من الجهل وإدخالا في أبواب النور والهدى.

• - وهذه الأشياء قليل من كثير مما أكرم الله به العبد المسلم من أعمال البر التطوعية التي تكون صدقات مضاعفة رحمة من الله وفضلا، والله واسع عليم.

_📜【 الأفنان الندية - الجزء الثالث - كتاب الزكاة -   ( ١٢٥)】‏_
```
•- Sesungguhnya sedekah itu sebagaimana berupa harta sedikit atau banyak, sesungguhnya sedekah juga bisa berupa hal-hal selain harta, dan sesuatu hal itu adalah sebagai berikut:

📍1. Dzikir beserta jenis-jenisnya, seperti: membaca Al-Qur'an dan ini adalah jenis dzikir yang paling utama, tasbih, tahmid, tahlil, takbir, taubat, istighfar dan selainnya dari dzikir hati dan lisan. Maka sesungguhnya ini adalah sedekah-sedekah yang dilipatgandakan pahalanya dengan tanpa keberatan dan kesulitan. Akan tetapi ini adalah amalan yang ringan dan mudah bagi hati dan lisan.

📍2. Sedekah bisa berupa perkara-perkara banyak yang lain yang telah dijelaskan kepada kita nash-nash Al-kitab dan sunnah:

👉A. Mendamaikan pertikaian manusia yang Allah Ta'ala menjadikan perkara itu besar, dan menjadikan amalan itu yang terbaik yang dipersembahkan manusia dalam rangka mencari wajah Allah dan negeri akherat.

👉B. Menyingkirkan duri, tulang dan batu di jalan, menunjukkan jalan orang yang buta, membimbing  orang yang buta dan tuli, menunjukkan arah orang yang minta petunjuk ke tempat yang telah ia ketahui, mengobati kesedihan, menolong orang yang lemah dan selainnya yang semisalnya.

👉C. Berakhlak baik, berwajah ceria ketika bertemu orang lain dan memberikan makanan ke wadah orang lain adalah sedekah.

👉D. Menahan diri dari mengganggu orang lain adalah termasuk seseorang bersedekah untuk dirinya sendiri.

👉E. Sesuatu (makanan/biji-bijian) yang dimakan burung-burung dan binatang buas, dan barang-barang atau harta yang diambil orang lain dengan tanpa izin dan tanpa diketahui, maka itu menjadi sedekah baginya.

👉F. Mengajarkan ilmu kepada orang lain adalah sedekah yang terbesar, karena itu adalah menyelamatkan orang lain dari kebodohan dan memasukkan ke pintu-pintu cahaya dan petunjuk.

🍀Dan ini adalah perkara yang sedikit dari banyaknya hal-hal yang Allah Ta'ala memuliakan dengannya hamba muslim dari amal-amal kebajikan yang bisa menjadi sedekah yang dilipatkan pahalanya sebagai rahmat dan karunia Allah Ta'ala,  dan Allah Yang Maha Luas dan Berilmu.

_📜Al-Afnàn An-Nadiyyah juz 3 - Kitab Az-Zakàh - (125)._

****
✍🏻 Ustadz Agus Santoso Al-Klateni -hafizhahullah-

📢 *Published By:*
🌐 Group BIS & BMS - Dakwah Untuk Umat ══════ 🌺✿🌺 ══════ 
Repost by :  
☘ *MUSLIMAH ISTIQOMAH* ☘group sharing Artikel Islami menarik via WhatsApp seputar Muslimah (  _akhwat_ )
☎ Admin : +62812 6468 4099 / +62 812-6978-3348
(utk bergabung silahkan kirim pesan via WA dgn format: #Nama#Kota Domisili#No WA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar