Rabu, 10 Agustus 2016

Untuk mengalami percepatan kita perlu belajar dari yang sudah berpengalaman.

Sukses Ekonomi #1

Dewa Eka Prayoga
Pengusaha muda beromzet Milyaran

Kang Dewa dikenal sebagai seorang motivator dan juga seorang pengusaha muda.

Sebelum menjadi seperti sekarang ini beliau pernah mengalami kebangkrutan tepatnya di akhir tahun 2012, beredar kabar bahwa kang Dewa telah ditipu oleh rekan bisnisnya, tak tanggung-tanggung, rekan bisnisnya itu membawa kabur uang senilai 7,7 Milyar, kerugian yang tak sedikit bagi seorang pengusaha muda yang baru berusia 21 tahun di saat itu.

Tak kurang dari 2 tahun pasca kebangkrutannya, kang Dewa telah bangkit kembali dan kini ia sedang memimpin dan menjalankan beberapa bisnisnya, diantaranya:

Delta Saputra (Penerbitan), Maxima Advertising, Billionaire Coach yang semuanya dibawah naungan Billionaire Coorporation.

Awal Mula Kebangkitan
Dalam keadaan harus menanggung rugi sebesar 7,7 milyar, pastilah secara manusaiawi ada rasa putus asa pada diri kang Dewa, sampai akhirnya pada sebuah kesempatan dalam suatu Training, Allah mempertemukan kang Dewa dengan pengusaha ternama pak Heppy Trenggono. Kang Dewa termotivasi kisah pak Heppy yang juga pernah bangkrut dalam berbisnis.

Mendengar cerita pengusaha sawit dan alat berat itu, ada strong way yang membuat spirit hidup kang Dewa bangkit.

”Saya anak tunggal yang tak memiliki ayah. Saya juga telah memutuskan menikah muda. Ibu dan istri saya tidak bekerja. Kalau tak berjuang sendiri, lalu pada siapa saya bergantung?”

ujarnya ketika diwawancari sebuah surat harian ternama.

Ketika spirit itu hadir kembali, kang Dewa seolah mendapatkan petunjuk dari Allah. Sejumlah teman sesama pengusaha muda lantas menyarankan kang Dewa agar menuliskan pengalaman kegagalan bisnis tersebut ke dalam sebuah buku. Hanya dalam kurun waktu dua bulan, naskah buku berjudul 7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula itu rampung. Akhirnya, buku tersebut terbit pada Juni 2013.

Di dalam buku tersebut kang Dewa menjabarkan 7 Kesalahannya, yaitu:

1. Asal Action
2. Ikut-ikutan
3. Gampang Percaya
4. Ingin Cepat
5. Banyak Gaya
6. Mudah Hutang
7. Buta Finansial

*🎗Prinsip Bisnis Dewa Eka Prayoga*

Tulisan kang Dewa Eka Prayoga tentang prinsip-prinsip bisnisnya, antara lain sebagai berikut:

• Business is Wasilah (Jalan), tujuannya Lillah (Allah). Kalau bisnisnya menjauhkan kita dari-Nya, lebih baik jangan Bisnis aja.

• Kalau profesi Karyawan atau Self Employed bisa semakin mendekatkan kita pada-Nya, lebih baik jadi profesi itu saja.

• Pengusaha, Karyawan, Self Employed, SAMA SAJA. Tidak ada yang Lebih Mulia kecuali ketaqwaannya kepada-Nya.

• Bukan soal Kekayaan, bukan soal Kesuksesan, tapi soal Kedekatan kita pada-Nya. Perbanyak Ibadahnya, Kurangi maksiatnya.

• Bukan masalah Kaya dan Miskin, tapi masalah Lapang dan Sempit. Mirip, tapi beda makna. Itulah bahasa Langit.

• Kaya & Miskin itu di harta, Lapang & Sempit itu di hati. Berbagi dlm Bisnis, jangan hanya berpatokan pada Harta, gunakanlah Hati.

• Rezeki itu dari-Nya, bukan dari Buyer, bukan dari Customer. Kalau hubungan kita dengan-Nya bermasalah, rezekinya ya begitu-begitu saja.

• Mindsetnya lurus, Bisnisnya diurus, tapi kalau hubungan sama Penciptanya nggak bagus , Rezekinya nggak akan mulus.

• Bangkrut dalam Bisnis? Nggak masalah.. Itulah cara terbaik Allah untuk mendewasakan kita & mengingatkan kita kembali pada-Nya

• Skenario Allah selalu indah pada waktunya, walaupun kita tidak pernah mengetahuinya. Tenang saja.

Walaupun omset bisnisnya sudah mencapai milyaran perbulan, namun beliau tetap low profile, terlihat dari gaya bicaranya ketika berseminar, tak mengada-ada, berbicara sesuai pengalaman.

Serta pembawaan materi baik dalam buku ataupun trainingnya yang tak ketinggalan membahas agama, itulah yang membuat kita perlu belajar darinya.

Mungkin sedikit cerita tentang sosok Kang Dewa Eka Prayoga ini bisa menyegarkan kembali visi kita sebagai seorang pengusaha, semoga bermanfaat.

Salam Ruhiah dan Rupiah
Bersih Hati Sukses Ekonomi 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar