Rabu, 20 September 2017

DIMANAKAH POSISI KITA DALAM BERIBADAH..?* πŸ•‹πŸ•Œ

🕌🕋 *DIMANAKAH POSISI KITA DALAM BERIBADAH..?* 🕋🕌

_Renungan malam yang membuat hati  tersentak_..

💉Saat Kajian online yang cukup membuat berkaca diri tentang motivasi apa yang selama ini dicantumkan dalam beribadah...

_Sahabat Aca Rahimukumillah_. 👳🏻👳🏻‍♀

💉Berkali-kali kita mendengar para mubaligh, ustadz, khatib dan kyai dalam ceramah mereka, dan membaca tulisan para penulis yang menyatakan dengan tegas bahwa tujuan hidup kita (umat manusia ini) hanya untuk *“beribadah kepada Allah”* . Karena Allah telah menciptakan diri kita dengan tujuan utama: “untuk hanya beribadah” kepada-Nya. Selaras dengan firman Allah,

~~📖📖~~

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإِنسَ إِلاَّ لِيَعْبُدُونِ.

_“Dan tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Ku”_ (QS adz-Dzâriyât/51: 56).

💉Ibadah yang dimaksud dalam ayat di atas mencakup pengertian (ibadah) mahdhah (ibadah khusus yang terstruktur, yang tata caranya sudah ditentukan oleh Allah dan atau Rasul-Nya) dan yang ghairu mahdhah (mustafâdah), yaitu: “setiap perbuatan baik yang bermanfaat dan diniatkan semata karena dan untuk Allah”

💉Sayid Quthb dalam tafsir Fî Zhilâl al-Qurân (VI/3387) menyatakan, bahwa ibadah merupakan al-Wadhîfah al-Ilâhiyyah, tugas yang diembankankan Allah kepada manusia.

💉Jadi, ketika manusia menjalankan ibadah, maka ia telah memfungsikan hakikat penciptaannya.

💉Sebaliknya, manusia yang melalaikan ibadah, berarti telah mendisfungsikan hakikat penciptaanya.

💉Seperti lampu yang dibeli untuk tujuan penerangan, ketika lampu itu tidak bisa lagi menerangi, berarti telah mengalami disfungsi. Itulah analogi bagi manusia yang enggan untuk beribadah.

💉Dan oleh karena itu, setiap manusia harus selalu melakukan tajdîd an-niyyah ( *pembaruan niat atau motivasi* ), agar dirinya tidak mengalami disorientasi di dalam hidupnya. Motivasi (niat) setiap orang akan selalu menjadi unsur penentu dalam membangun ibadahnya. Dan motivasi setiap orang dalam beribadah ternyata tidak pernah sama, berkaitan dengan pengalaman dan tantangan kehidupan masing-masing yang pernah dialaminya.

⚡1⃣💐

Tidak ada komentar:

Posting Komentar