Selasa, 26 Desember 2017

*12 Api Kepemimpinan*

*12 Api Kepemimpinan*

*1. Menantang proses*

Seorang leader adalah mereka yang menantang pesimisme. Ia menjembatani ketidakmungkinan-ketidakmungkinan. Ia menolak dijajah oleh masalah.

*2. Pembelajar sejati*

Hanya yang kuat yang bisa menguatkan. Seorang leader tak berhenti belajar sampai ia mati. Carol Dweck menyebutkan bahwa seorang leader mempunyai mindset yang bertumbuh.

*3. Menguasai diri*

Tidak mungkin lahir pemimpin dari jiwa yang selalu takluk oleh diri sendiri. Takluk oleh keletihan, kelemahan, penundaan, keputus-asaan.. No way!

*4. Menagih hasil brutal*

Pemimpin tanpa hasil, ibarat kawanan bebek di jalanan. Mereka hanya bergeser dari satu tempat ke tempat yang lain. Bergerak dalam kekosongan. Hasil! “Saya tau ini bukan hasil dari kerja keras!”, kalimat ini yang sering diungkapkan oleh CF kepada saya.

*5. Pengambil keputusan*

Orang yang tidak bisa mengambil keputusan, sanggup menanggung beban resiko, berani bersimbah darah, tidak bisa menyebut dirinya sebagai seorang pemimpin.

*6. Penuh syukur*

Seorang pemimpin adalah mereka yang bisa bersyukur, mengizinkan dirinya menjadi bagian dari rencana-rencana besar Sang Maha Kuasa, menyadari bahwa ia tak sendiri.

*7. Mengendalikan perubahan*

Setiap saat, zaman selalu berubah. Ada yang datang dan ada yang hilang. Pemimpin yang bisa bergerak diatas perubahan, dialah yang menang.

*8. Memberi dan menerima masukan*

Masukan adalah hal yang penting bagi para leader dan follower. Konsisten dalam memberi dan menerima feedback, membuat organisasi bertumbuh ke arah yang lebih baik.

*9. Memiliki tujuan yang jernih*

Tidak akan pernah satu kalipun lahir pemimpin di dunia ini yang tidak memiliki tujuan yang jernih, narasi sederhana dan membumi, menjejak, tegas, lurus.

*10. Menunjukkan arah dan cara*

Sudah menjadi hakikat pemimpin untuk menunjukkan kemana harus melangkah. Pemimpin memiliki peta dan meyakini jalan yang ia pilih adalah benar dan menggerakkan ke tujuan.

*11. Memanggul beban*

Pemimpin adalah mereka yang menyediakan bahu untuk menjadi lompatan orang-orang di sekelilingnya.

*12. Menghormati kehidupan*

Pemimpin adalah manusia yang respek dan menghargai kehidupan. Mereka adalah sang pengagum semesta, selalu menemukan kebaruan dalam alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar