Rabu, 13 Desember 2017

ADAB BERBAKTI KEPADA ORANG TUA*

*ADAB BERBAKTI KEPADA ORANG TUA*

Ibu dan ayah adalah manusia paling berjasa dan utama bagi setiap orang. Karenanya, berbakti kepada kedua orangtua adalah kewajiban paling utama setelah kewajiban beribadah kepada Allah Azza wa Jalla, baik ketika mereka masih hidup masupun setelah mereka wafat. Nah, berikut ini urain tentang adab-adab berbakti pada kedua orang tua. 

*KETIKA MASIH HIDUP*

1. MENAATI MEREKA SELAMA TIDAK MENDURHAKAI ALLAH
Wajib hukumnya bagi setiap anak menaati dan megikuti perintah kedua orang tuanya, selama apa yang diperintahkannya itu tidak mengandung maksiat kepada Allah Azza wa Jalla, seperti syirik, mencuri, minum khamr dan semacamnya.

2. BERBAKTI KEPADA ORANG TUA 
Setiap anak wajib berbakti kepada kedua orang tuanya, seperti mendengarkan nasihatnya, menuruti perintahnya, membantu ibu memasak dan membereskan rumah, atau membantu ayah di ladang. 

3. BERBICARA LEMBUT DAN MERENDAH DIRI DI HADAPAN KEDUANYA
Sebagaimana firman Allah ta’ala, _“Jangan sekali-kali engkau mengatakan ‘ah’ dan jangan pula engkau membentak keduanya, tetapi ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan, rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang.”_ (QS al-Isra: 23-24)

4. MENYEDIAKAN MAKANAN UNTUK MEREKA
Menyediakan makanan terbaik kepada kedua orangtua termasuk bakti yang mulia kepada kedua orang tua, dan hendaklah mereka lebih didahulukan atas anak dan istri. 

5. MEMINTA IZIN KEPADA MEREKA SEBELUM PERGI BERJIHAD

6. MEMBERIKAN HARTA KEPADA ORANG TUA SESUAI KEBUTUHAN MEREKA 
Hendaklah setiap anak memberikan sebagian hartanya kepada kedua orang tuanya sesuai yang mereka butuhkan. Setiap anak tidak boleh kikir terhadap kedua orang tuanya. 

7. BERBUAT BAIK KEPADA ORANG-ORANG YANG DICINTAI ORANG TUA
Termasuk bentuk bakti kepada kedua orang tua ialah berbuat baik kepada orang-orang yang dicintai oleh keduanya, seperti karib kerabat, sahabat dan rekan kerja.

8. TIDAK MENCELA ORANGTUA ATAU MENYEBABKAN MEREKA DICELA ORANG LAIN. 
Mencela ayah-bunda sendiri termasuk perbuatan haram. Sebagaimana haramnya mencela ayah-bunda orang lain, karena dengan mencela ayah bunda orang lain, maka orang itu akan balik mencela ayah-bunda kita. Sehingga secara tidak langsung, kita telah  mencela orang tua kita sendiri.   

9. MENDAHULUKAN BERBAKTI KEPADA IBU DARIPADA AYAH
Ibu memiliki hak tiga kali lebih besar di atas ayah. Maka hendaklah ibu didahulukan dalam berbuat baik kepada kedua orang tua.

*KEPADA ORANG TUA YANG SUDAH MENINGGAL*

1. MENDOAKAN KEDUANYA
Doa anak yang shalih buat orang tuanya termasuk amal shalih yang tiada pernah terputus, walau orang tua telah meninggal. Maka, hendaklah setiap anak selalu memperbanyak doa buat kedua orang tuanya, sehingga kebaikan keduanya pun semakian terus bertambah.

2. BERISTIGHFAR UNTUK KEDUANYA
Diantara bentuk bakti anak kepada orangtua adalah mendawamkan istighfar atau memohon ampun kepada Allah subhanahu wa ta’ala khusus buat orang tua. Semakian banyak beristigfar buat orang tua, maka kedudukan orang tua kita pun semakin tinggi dan istimewa di akhirat nanti.

3. MENUNAIKAN JANJI KEDUANYA
Biasa jadi saat orang tua masih hidup, beliau ada janji atau wasiat yang belum tertunaikan. Jika demikian, maka anak wajib menunaikan janji dan wasiat tersebut.

4. MENYAMBUNG TALI SILATURRAHIM DENGAN KERABAT KEDUANYA
Walau orangtua telah meninggal, hubungan silaturrahim dengan kerabat ibu dan ayah tak boleh putus. Menjalin silaturrahim dengan mereka sama dengan berbakti kepada kedua orang tua. 

5. MEMULIAKAN TEMAN KEDUANYA
Sebagaimana sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam, _“Sesungguhnya bakti anak yang terbaik adalah seorang anak yang tetap menyambung tali persahabatan dengan sahabat ayahnya—setelah ayahnya meninggal.”_ (HR. Muslim) 

Demikain, semoga kita semua termasuk anak yang senantiasa berbakti kepada kedua orangtua, baik ketika mereka masih hidup maupun setelah mereka wafat. Dan, semoga kita semua selalu dapat mengangkat derajat para orang tua kita dengan doa-doa, istighfar, dan kebaikan-kebaikan kita. Aamiin.

*@AskarKauny*

~
* 2017*
!

Jadilah bagian dari pasukan membumikan Alquran dengan metode Menghafal Alquran Semudah Tersenyum!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar