Jumat, 08 Desember 2017

Dianjurkan Wudhu Ketika .

[ 💌 Dianjurkan Wudhu Ketika . . . 💌 ]

Kita dianjurkan untuk berwudhu' apabila :

1. Ketika berdzikir kepada Allah Ta'ala.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Sesungguhnya tiada yang menghalangi untuk menjawab salammu, karena aku tidak ingin menyebut nama Allah kecuali dalam keadaan suci.[Shahih ibnu majah no: 280].

2. Ketika hendak tidur.

Dalam riwayat al-Bara' bin 'Azib : 

Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Apabila kamu hendak tidur maka berwuudhu'lah seperti wudhu'mu untuk sholat, kemudian berbaringlah di atas lambungmu yang kanan".[Muttafaqun 'alaih? Fathul Bari XI 109 no: 6311].

3. Orang yang junub, dan hendak makan, minum, tidur atau hendak mengulang jima' lagi. 

Dari Aisyah ia berkata: "Adalah Nabi bila ia junub lalu bermaksud hendak makan atau tidur, Beliau berwudhu' seperti wudhu' hendak sholat". [Muslim I : 248 no:22].

Dari Abu Said dari Nabi bersabda, "Apabila seorang diantara kamu telah selesai berkumpul dengan istrinya, lalu hendak nengulangi, maka hendaklah berwudhu' sebelumnya". [ Muslim I 249 no: 308].

4. Sebelum mandi wajib atau mandi sunnah.

Dari Aisyah ia berkata: "Adalah Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam apabila beliau memulai mandi janabat, Beliau memwulai dengan membasuh kedua tangannya kemudian menuangkan air dengan tangan kanannya ke atas tangan kirinya, lalu membersihkan kemaluannya, kemudian berwudhu' seperti wudhu' untuk sholat". [Muslim no 155].

5. Ketika makan sesuatu yang dipanggang.

Dari abu Hurairah ia berkata : "Saya mendengar Rasulullah bersabda: "Berwudhu'lah kalian karena makan sesuatu yang dipanggang". [ Muslim I 272 no 352].

6. Karena Muntah.

Dari Abu Darda, bahwa Rasulullah pernah muntah sehingga beliau membatalkan puasanya, lalu Beliau berwudhu' lagi". [ Tirmidzi I: 58 no 87].

7. Setelah mengusung Jenazah.

Beliau bersabda :"Barangsiapa yang telah memandikan mayat, mak mandilah dan barangsiapa yang mengusungnya, maka berwudhu'lah". [Baihaqi I 300].

wallahuA'lam

(Penyebar Sunnah)

Oleh : Pusat Buku Sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar